Senin, 21 Juni 2010

Sosiologi Perilaku Menyimpang

Perlaku menyimpang merupakan penyakit mental yang dapat terjadi karena pengaruh masyarakat dan dipihak lain perilaku menyimpangpun banyak berpengaruh terhadap kehiduap masyarakat.
Oleh karena itu, apabla dalam proses sosialisasinya seseorang menerima atau dipengaruhi oleh nilai-nilai sub kebudayaan yang menyimpamg akan terbentuk perilaku menyimpang. Hal ini merupakan perbuatan yang jamak bahwa hal yang jelek lebih mudah diikuti daripada mengikuti hal-hal yamh baik.
Misalnya, dengan subkebudayaan tidak peduli terhadap orang lain akan menimbulkan lebih banyak lagi kemiskinan sehingga mengakibatkan meningkatnya tindakan kriminal. Suatu contoh lain penyimpangan yang kemudian tidak begitu dicela lagi adalah penerimaan suap oleh petugas yang memiliki kekuasaan dan wewenang.

Pada awalnya, perbuatan menerima suap dianggap sebagai perbuatan tercela. Akan tetapi, karena tekanan ekonomi membuat tindakan tersebut sebagai oerbuatan yang bisa saja, bahkan orang-orang yang tidak mau memanfaatkan kesempatan tersebut dianggap sebagai orang yang bodoh dan kuno. Dalam contoh tersebut tekanan untk menerima suap, seakan-akan melegalkan tindakan suap tersebut, dan tindakan untuk menolak suap sebagai tindakan yang baik merupakan tindakan yamg sulit untuk dilakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar